Rabu, 31 Oktober 2018

Pengalaman Tes TPA Bappenas

halo guys hehe, gue hari ini lagi sumringah nih, baru aja liat pengumumannya. semuanya itu berawal dari 1 minggu sebelum tes.

setelah gue daftar sekitar 3 mingguan sebelum tesnya akan berlangsung. gue waktu itu ngerasa sangat santaai banget, karena sebelumnya kan gue tes toefl juga. dan rasanya ga susah2 amat buat dapet passing score buat S2 gue. jadi pas gue mau tes TPA nya Bappenas gue terlalu menyepelekan, tapi disinilah salah gue. beberapa hari itu gue terlalu santai dan lagi namatin manga yang seru, bakuman namanya. itu tentang manga bikin manga gitu, seru deh shonen banget. si penulisnya itu dulu nulis Death Note gitu jadi kerasa banget puter otaknya.

balik lagi ke topik, selang beberapa hari akhirnya gue sadar 1 hari sebelum tes gue tutup tuh komik dan liat contoh soal TPA Bappenas tuh gimana, dan ternyata itu terbagi 3,
1.pertama itu pemahaman kata2 dan artikel
2.kedua pemahaman konsep aljabar dan berhitung
3.yang ketiga itu logika2an

dari ketiga itu didalamnya banyak sub2nya juga. pada saat itu gue langsung panik. banyak juga ya yang harus dipelajari. pada akhirnya gue cari bagian yang bisa gue kerjain aja dulu. maksudnya bagian yang gue bisa belajar, ngerti dan bisa jawab. gue tau gue paling lemah di deret angka dan hitung cepat.

jadi gue bakal bergantung sama si bagian pertama dan ketiga aja. nah pas gue kaji di bagian satu. ada namanya pemahaman kata2 gitu. bahasanya asing deh contohnya kayak DUKTUS, PARADOKS, BONANZA. duktus itu pembuluh, paradoks itu seolah2 berlawanan, bonanza itu kemakmuran. nah ini sih bisa dipelajari dari puluhan taun kita baca2 karya ilmiah, soalnya artikel biasa bakal susah ngeluarin kata ini. Banyak yang sulit dipahami, tapi kalo kebetulan ngerti yaaa bisa dijawab pake cara mirip2an lah..

pas waktu gue kerjain di tes. ini bagian yang paling gue kebut ngerjainnya. karena apa? soalnya kalo kita ga tau artinya, buat apa kita lama2 disitu di kerok di otak paling dalem juga gakan ketemu, jadi saran gue tembak aja sesuai hati nurani kalian. hehe. hati2 juga ya ini ada yang lawan kata dan sinonim dari kata2 itu juga jadi teliti petunjuk pengerjaan.

nah di bagian satu ini juga ada yang isinya pasangan kata misal Telur:Ayam ini sih di psikotes atau TPA SMA juga banyak yah, jadi gue juga ngerjainnya cepet sesuai dengan petunjuk pengerjaanya. nah di akhir bagian pertama ini ada artikel panjaaaaaang buwanget, dijamin minimal 10paragraf untuk jawab kurang lebih 5 soal an. nah cara nya kita harus baca cepat si 10 paragraf itu, ambil inti cerita tiap paragraf. 1 menit harus selesai, soalnya kita bakal buka lagi artikelnya setelah baca soal. tugas dari ngambil inti paragraf ini buat Mapping apa aja sih tujuan penjelasan di paragraf itu. jadi kalo ada soal tentang kata kuncinya Pembangunan Negara, tinggal inget2 aja di paragraf mana itu kata muncul. nah ini tentang artikel bakal lama ngerjainnya. maka yg awal2 gue ngerjainnya cepet.

ohya tiap bagian itu masing2 60 menit. tiap bagian kurang lebih ada 90 soal, total soalnya kalo gasalah ada 240 soal., haha sulit ya. makannya gabole ada yg kelamaan mikirnya.


nah masuk ke bagian dua. itungan. beugh. pertama itu ngitung cepet kira2 soalnya kayak gini 25,37896 : 0,0527 = naah ini kan sulit kalo harus cepet. makanya kita bagi aja depannya 25/5 = 5, nah cari tuh jawaban yang depannya 5, terus langsung tembak kalo itung semuanya gakan ada waktu, Serius. tiap soal kata si panitia di bagian 2 ini cuma 35 detik buat mikir dan baca soal. heheh jangan mual broh sistah.

akhirnya MY GREATEST ENEMY datang juga. si deret angka, gue dengan senyum skip ke 25 soal itu. percuma gue ngerjain. terlalu habis waktu dan nyari pola nya itu menurut gue sangat sulit buat pribadi gue. bye arigatou, ntar gue kesini lagi buat hitung kancing. (pada akhirnya gue sadar cuma pake polo shirt)

pada sub bagian 2 ini selanjutnya itu pemahaman aljabar kita kebanyakan sih. jadi misal ada
x=a+1 dan
y= a+2.
ditanya mana pernyataan yang paling benar. misal x=y atau y>x ..
nah kan dari ini keliatan kalo si a nya mau dimasukin berapapun si x bakal lebih kecil, karena +nya cuman 1 sedangkan y itu +2.

yaa semacamnya gitu lah. masih logika, inget2 aja aljabar sederhana. ga ada rumus2 ajabar aneh2 kok cuman pemahaman konsepnya. selanjutnya masih itungan juga tapi rada cerita gitu, yaa menurut gue ini kebanyakan hitungan cerita level SMP. jadi kebayang yaa.

dari sini gue balik ke si deret angka. kemaren sisa waktu cuman 10 menit lagi. yaa gue pikir yang mudah2 dan tembak yg susah. hehe kalo deret angka bisa dihapuskan pada test TPA gue vote deh 100% dan nembaknya jangan ga beraturan. pake teknik. belum terbukti sih secara statistik. tp menurut gue kalo kita taro tembakan kita di satu huruf jawaban pasti ada aja yang kecantol meski 2 atau 3 di 25 soal itu. tapi mayan sih daripada kita random nembak dan dapet 0 dari 25. toh ga ada minus juga. sekali lagi ini belum terbukti. kalo ada orang matematik murni bisa hitungin kali hehe.


lanjut ke bagian 3. isinya logika gambar dan penalaran. yaa ini sih seperti kebanyakan psikotest. ada kubus yang diputer2 mana yang sama, bangun 3D di kupas mana bentuk 2D nya. terus gambar2 diputer2, dan gambar yang berpola. standard sih.

tapi sebelum ini ada soal penalaran gitu. jadi misal si asep budi cecep dudu ke bioskop terus si asep gasuka sama dudu pernah nikung dia jadi gamau deketan. atau si cecep pengen deket tembok duduknya biar bisa tidur. gitu lah kita bakal ngurusin orang2 ini buat cari tempat duduk. kesel juga harusnya mereka ga ribet.
haha tapi yaa soal ini seru sih harus dikotret dan kita ngebayangin betapa ripuh nya mereka.
gue ngerjain sub bagian ini terkahir soalnya ini paling lambat ngerjainnya. makanya si gambar2 gue kebut banget kerjainnya biar ada waktu buat ini.

dan tau gak sih pas banget gue selesaiin, sisa 1 menit. nah time management pada saaat ngerjain soal juga penting.. tiap 10 soal kita harus liat jam. kudu. biar kita ada target selesaiin dan ga kelamaan di satu soal yg mentok diulang2 lagi. daripada itu di ulang mending ditembak. dan kerjain yang mudah2 dengan cepat.

gue dari tadi nyaranin nembak nya banyak yah haha, kalian harus pede juga dan belajar, jangan kayak gue 1 hari sebelum tes baru belajar.

ada beberapa poin sih yang gue dapat dari tes ini biar ga kaget. tiap bagian ini kertasnya beda. biru, hijau, pink. tujuannya biar kalian ga balik lagi ke bagian sebelumnya dan itu artinya cheating. tiap bagian ini DISEGEL, wew baru pertama kali gue ngerjain soal yang disegel dan kita buka sendiri segelnya.

dilarang bawa alat hitung apapun, smartwatch juga gabole, google glass, kacamata rekam atau sejenisnya, apalagi occulus rift (emang tes nya VR),sempoa juga gabole(masih ada yg pake ini), alat rekam kancing, alat pendengaran dan semacam gadget 007 gitu. buat ngebantu ngerjain.

pensil kalian harus banyak minimal 4 atau 2 di raut kedua kepala. tujuannya apa, kalo patah atau tumpul bisa di reload. 240 soal bos. kemaren gue bawa 4 aja nge pas. meski ga diwajibin, bawa pulpen juga ini buat kita nulis surat. di surat kita tulis alamat rumah atau kantor kita ntar sertifikat dikirim kesitu. jadi yg bener.

sebelum tes bawa bekel air. dan harus sarapan dulu. lumayan nguras pikiran soalnya 3 jam disambung sambung.

hasil test nya 4 harian diumumin di web, dikirim juga sih tapi kalo gasabaran kaya kita kan pengen liat dulu di web gitu hehe.

ohya skor bappenas itu minimal 200 dan max 800, jadi kalo dateng dan ngerjain asal salah semua masih dapet nilai 200. tapi masa sih lah ya.

okeeeh itu aja sih saran dan pengalamannya. ini gue lagi coba latihan nge blog lagi, jadi banyak banget yang campur aduk banget padanan kata dan strukturnya. ntar lagi gue bakal coba buat dengan gaya novel. next posting ya.

thankyouu udah mampir.





Tidak ada komentar: